10.28.2012

Makna Sumpah Pemuda

17750banner01-sumpah-pemu.jpg Di pagi yg cerah ini saya mau ngebahas makna sumpah pemuda di zaman yg sudah serba canggih dan serba modern seperti sekarang. Kita flash back bentar yuk ke sejarah sumpah pemuda : Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie. Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua :
PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia). KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia). KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).
Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.sumber : perpustakaan online Dari sejarah yg sudah kita baca diatas bisa kita ambil kesimpulan apa makna sumpah pemuda itu.Makna sumpah pemuda adalah hari dimana bersatunya para pemuda-pemuda indonesia untuk mengikrarkan tekad mereka untuk bersatu dan berpegang tangan tanpa membedakan suku dan ras tertentu.dah cukup y flash backnya,waktunya kita melangkah kedepan.. Coba kita lihat keadaan para pemuda zaman sekarang,apa masih ada makna sumpah pemuda yg sudah susah payah dilaksanakan oleh para pemuda pada waktu itu? saya rasa dah kaga ada tuh makna sumpah pemuda zaman sekarang.kenapa saya bisa bilang begitu?? Sebelumnya teman-teman masih ingat betapa seringnya para pelajar dan mahasiswa yg tawuran hanya karena masalah sepele,yg mungkin masih bisa dibicarakan dengan musyawarah tanpa perlu adu jotos,bener g??Tapi apa yg kita liat sekarang...banyak pemuda zaman sekarang yg hanya bisa menyelesaikan masalah dengan otot bukan dengan otak.apa gak pada kasian ente-ente sama pemuda-pemuda kita dulu yg udah susah payah menyatukan pemuda-pemuda pada waktu itu? Sadar bro kita semua sodara,walaupun beda suku,bahasa dan kebudayaan,tapi kita tetap satu bangsa,satu tanah air.bener gak?? Sekian postingan saya pagi ini semoga bermanfaat

0 komentar

Poskan Komentar

Komentar Anda Mendukung Perkembangan Blog Ini